Kamis, 05 November 2020

INI SUNNAH NABIMU, MENCINTAI ORANG MISKIN

BISMILLAH


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhu.


الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على نبينا محمد وعلى اله وأصحابه أجمعين... أما بعد....


🎙️Saudaraku, Dalam sebuah riwayat dari Ibnu Abbas ia berkata bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasalam pernah diajarkan Allah untuk berdoa:


اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ فِعْلَ الْخَيْرَاتِ وَتَرْكَ الْمُنْكَرَاتِ وَحُبَّ الْمَسَاكِينِ


*_"Ya Allah aku meminta  kepadaMu Taufik agar mengamalkan kebaikan, meninggalkan kemungkaran dan mencintai orang miskin."_* [HR.Tirmidzi]


🎙️Saudaraku, Nabi meminta kepada Allah agar mampu melakukan kebaikan dan meninggalkan kejahatan, dan mencintai orang miskin. Coba perhatikan rahasia hadits ini. Nabi meminta agar bisa mencintai orang miskin. Lalu knp harus cinta orang miskin? Ya krn mencintai mereka adalah termasuk perbuatan baik, mencintai mereka berarti engkau peduli dengan mereka. Sebaliknya tidak perduli dengan orang miskin adalah bentuk kemungkaran. Bukankah Allah berfirman:

أَرَءَيْتَ ٱلَّذِى يُكَذِّبُ بِٱلدِّينِ

فَذَٰلِكَ ٱلَّذِى يَدُعُّ ٱلْيَتِيمَ

وَلَا يَحُضُّ عَلَىٰ طَعَامِ ٱلْمِسْكِينِ


Artinya: *_Tahukah engkau siapakah pendusta agama?. Mereka adalah yang menghardik anak yatim. Dan tidak saling mengajak memberi makan orang miskin."_* [QS.Al-Ma'un:1-3].


🎙️Saudaraku, Karena mulianya sunnah ini, hingga Nabi Shalallahu alaihi wasallam pun

mewasiatkan sahabatnya untuk mencintai orang miskin.


🔖Dari Abu Dzar Radhiyallahu Anhu dia berkata:


أَمَرَنِي خَلِيلِي صلى الله عليه وسلم بِسَبْعٍ: أَمَرَنِي بِحُبِّ الْمَسَاكِينِ وَالدُّنُوِّ مِنْهُمْ، وَأَمَرَنِي أَنْ أَنْظُرَ إِلَى مَنْ هُوَ دُونِي وَلاَ أَنْظُرَ إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقِى،


_"kekasihku (Rasulullah), memerintahkan tujuh perkara kepadaku, diantaranya: “memerintahkan aku untuk mencintai orang miskin dan mendekat kepada mereka, dan memerintahkan kepadaku untuk melihat orang yang dibawahku dan jgn melihat orang yang diatasku”....._ HR.Ahmad.


🎙️Saudaraku, begitu agungnya sunnah ini, hingga para ulama menyebutkan rahasia utama amalan ini.


🔖Diantaranya, Ibnu Rajab rahimahullah pernah berkata:


حب المساكين أصل الحب في الله تعالى، لأن المساكين ليس عندهم من الدنيا ما يوجب محبتهم لأجله، فلا يحبون إلا لله عز وجل ، والحب في الله من أوثق عرى الإيمان ، ومن علامة ذوق الإيمان ، وهو صريح الإيمان ، وهو أفضل الإيمان. (مجموع رسائل ابن رجب)


" _mencintai orang miskin merupakan asas saling mencintai karena Allah, Krn org miskin tidak memiliki dunia yg dengannya (kebanyakan) orang saling mencintai. Maka tidak mungkin mereka mencintai (org miskin) kecuali hanya cinta karena Allah. Dan saling mencintai karena Allah merupakan tali pengikat yg paling kuat dalam keimanan. Itu juga tanda manisnya iman, ia juga hakikat iman sebenarnya dan yg paling mulia."_


💐Saudaraku, cintailah orang miskin dengan cara memperdulikan mereka, berinfaq dan berbuat baiklah kpd mereka, krn mereka adalah sebab kemenangan dan berkahnya rejeki kita.


🔖Dari sahabat Abu Darda' Radhiyallahu Anhu bahwasanya Nabi Shalallahu alaihi wasallam pernah bersabda: 


«إنما تُنصرونَ وتُرزقونَ بضعفائكم» ( رواه أحمد ).


Artinya: *_"sebenarnya kalian itu ditolong dan diberi rejeki disebabkan orang-orang dhuafa kalian"._* [HR.Ahmad]. 


Iya engkau akan ditolong Allah dgn sebab mereka, karena do'a mereka sangat tulus dan ikhlas hingga Allah mengabulkan permohonan itu. Dan pertolongan itupun segera datang.


🌹Saudaraku, janganlah engkau takut miskin!

Karena ketakutan itu akan menyebabkan dirimu mengabaikan hak-hak orang miskin. 

Padahal ketahuilah! surga itu penghuninya kebanyakan orang miskin.


Semoga Allah menjadikan kita hamba hamba Allah yang mencintai orang miskin. Amin


وصلى الله على نبينا محمد وعلى اله وأصحابه وسلم.


Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhu.


 *Ustad Nirmansyah*

حَفِظَهُ اللهُ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar