Sabtu, 07 November 2020

HARTA OH HARTA, AKU MENYESAL MENYIMPANMU

 Bismillah ๐Ÿ“š๐ŸŽ™️


ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ุฑุจ ุงู„ุนุงู„ู…ูŠู† ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ู‰ ู†ุจูŠู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุนู„ู‰ ุงู„ู‡ ูˆุฃุตุญุงุจู‡ ุฃุฌู…ุนูŠู†... ุฃู…ุง ุจุนุฏ...


๐ŸŽ™️Saudaraku, Allah berfirman:


ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ุฃَู†ูِู‚ُูˆุง ู…ِู…َّุง ุฑَุฒَู‚ْู†َุงูƒُู… ู…ِّู† ู‚َุจْู„ِ ุฃَู† ูŠَุฃْุชِูŠَ ูŠَูˆْู…ٌ ู„َّุง ุจَูŠْุนٌ ูِูŠู‡ِ ูˆَู„َุง ุฎُู„َّุฉٌ ูˆَู„َุง ุดَูَุงุนَุฉٌ ۗ ูˆَุงู„ْูƒَุงูِุฑُูˆู†َ ู‡ُู…ُ ุงู„ุธَّุงู„ِู…ُูˆู†َ 

Artinya: *_“Hai orang-orang yang beriman, berinfaqlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa'at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim.”_* [QS.Al-Baqarah:254].


๐Ÿ“Saudaraku, ada beberapa point hikmah agung dari ayat ini yang bisa engkau jadikan pelajaran kehidupan.


1️⃣ *_POINT PERTAMA,_* Allah ๏ทป memerintahkan hamba-Nya untuk berinfaq dari rejeki yang telah Ar-Rozzaq berikan kepadamu, infaq fisabilillah yang wajib dan sunnah. Infaq dijalan-Nya yaitu jalan kebaikan (seperti infaq untuk masjid, atau yayasan sosial yang menyalurkan dana2 itu untuk madrasah islami, fakir miskin anak yatim, dhua`fa atau wakaf kpd para da`i yang berdakwah dijalan Allah) agar engkau mendapatkan ganjaran pahala yang besar dari Allah ๏ทป. Diantara ganjaran itu;


☑️Hartamu tidak akan berkurang, karena sedekah adalah amal jariyah yaitu investasi jangka panjang bahkan keuntungan abadi. 

Nabi ๏ทบ bersabda:


(( ู…ุง ู†ู‚ุตุชْ ุตุฏู‚ุฉٌ ู…ู† ู…ุงู„ ))

 

Artinya: *_“tidak berkurang harta yang disedekahkan”._* [HR.Muslim]


Nabi ๏ทบ juga bersabda:

(( ุฅุฐุง ู…ุงุช ุงู„ุฅู†ุณุงู†ُ، ุงู†ู‚ุทุน ุนู…ู„ُู‡ ุฅู„ุงَّ ู…َู† ุซู„ุงุซุฉ: ุฅู„ุง ู…ِู† ุตุฏู‚ุฉ ุฌุงุฑูŠุฉ، ุฃูˆ ุนู„ู…ٍ ูŠู†ุชูุน ุจู‡، ุฃูˆ ูˆู„ุฏٍ ุตุงู„ุญ ูŠุฏุนูˆ ู„ู‡ )) 


Artinya: *_“jika manusia telah wafat, maka terputus amalnya kecuali tiga hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak soleh yang mendoakannya._* [HR.Muslim].


☑️ Allah akan ganti infaqmu bahkan dilipatgandakan balasannya, karena infaq yang kau keluarkan itu Allah sebut sebagai pinjaman yang kau pinjamkan kepada Allah. Allah berfirman:


ู…َู†ْ ุฐَุง ุงู„َّุฐِูŠ ูŠُู‚ْุฑِุถُ ุงู„ู„َّู‡َ ู‚َุฑْุถًุง ุญَุณَู†ًุง ูَูŠُุถَุงุนِูَู‡ُ ู„َู‡ُ ุฃَุถْุนَุงูًุง ูƒَุซِูŠุฑَุฉً ۚ ูˆَุงู„ู„َّู‡ُ ูŠَู‚ْุจِุถُ ูˆَูŠَุจْุณُุทُ ูˆَุฅِู„َูŠْู‡ِ ุชُุฑْุฌَุนُูˆู†َ

Artinya: *_“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.”_* [QS.Al-Baqarah:245].


☑️ Engkau akan dapat doa malaikat setiap paginya, Rasulullah ๏ทบ bersabda:

(( ู…ุง ู…ِู† ูŠูˆู…ٍ ูŠُุตุจِุญ ุงู„ุนุจุงุฏ ููŠู‡ ุฅู„ุง ู…ู„ูƒุงู†ِ ูŠู†ุฒู„ุงู†، ููŠู‚ูˆู„ ุฃุญุฏู‡ู…ุง: ุงู„ู„ู‡ู… ุฃุนุทِ ู…ู†ูู‚ًุง ุฎู„ูًุง، ูˆูŠู‚ูˆู„ ุงู„ุขุฎุฑ: ุงู„ู„ู‡ู… ุฃุนุทِ ู…ู…ุณูƒًุง ุชู„ูًุง)) 

Artinya: *_“tidaklah seseorang memasuki waktu pagi melainkan ada dua malaikat yang turun tuk mendoakannya. Yang pertama berdoa ‘Ya Allah berikan balasan -orang yang berinfaq’, yang lain berdoa ‘Ya Allah musnahkan harta orang yang tidak berinfaq’.”_* [HR.Bukhari dan Muslim].


☑️Akan diampuni dosamu dan dihapus kesalahanmu. Nabi ๏ทบ bersabda:

 ((ุงู„ุตุฏู‚ุฉ ุชุทูุฆ ุงู„ุฎุทูŠุฆุฉَ ูƒู…ุง ูŠุทูุฆ ุงู„ู…ุงุกُ ุงู„ู†ุงุฑَ))

Artinya: *_“sedekah bisa menghapus kesalahan sebagaimana air bisa memadamkan api”._* [HR.Tirmidzi]


☑️Engkau akan selamat dari azab api neraka. 

ูَุงุชَّู‚ُูˆุง ุงู„ู†َّุงุฑَ ูˆَู„َูˆْ ุจِุดِู‚ِّ ุชَู…ْุฑَุฉٍ ูَู…َู†ْ ู„َู…ْ ูŠَุฌِุฏْ ูَุจِูƒَู„ِู…َุฉٍ ุทَูŠِّุจَุฉٍ

Artinya: *_“Jagalah diri kalian dari neraka meskipun hanya dengan sedekah setengah biji kurma. Barangsiapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkanlah perkataan yang baik.”_* (HR. Bukhari dan Muslim).


2️⃣ *_POINT KEDUA,_* Allah memerintahkan untuk bersegera berinfaq di dunia ini, dalam firman-Nya ( ู…ู† ู‚ุจู„ ุฃู† ูŠุฃุชูŠ ูŠูˆู… ) _“sebelum datang hari”_ Yaitu hari kiamat. 


๐ŸŽ™️Coba kalau seseorang telah sekarat (menghadapi kiamat kecil), amal apa yg ingin ia lakukan? Kalo bisa dikasih kesempatan hidup lagi? Ya tentu Ia mau sedekah. Allah berfirman:

ูˆَุฃَู†ْูِู‚ُูˆุง ู…ِู†ْ ู…َุง ุฑَุฒَู‚ْู†َุงูƒُู…ْ ู…ِู†ْ ู‚َุจْู„ِ ุฃَู†ْ ูŠَุฃْุชِูŠَ ุฃَุญَุฏَูƒُู…ُ ุงู„ْู…َูˆْุชُ ูَูŠَู‚ُูˆู„َ ุฑَุจِّ ู„َูˆْู„َุง ุฃَุฎَّุฑْุชَู†ِูŠ ุฅِู„َู‰ٰ ุฃَุฌَู„ٍ ู‚َุฑِูŠุจٍ ูَุฃَุตَّุฏَّู‚َ ูˆَุฃَูƒُู†ْ ู…ِู†َ ุงู„ุตَّุงู„ِุญِูŠู†َ

Artinya: *_“Dan infaqkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?"._* [QS.Al-Munafiqun:10].


3️⃣ *_POINT KETIGA,_* firman Allah ( ู„ุง ุจูŠุน ููŠู‡ ูˆู„ุง ุฎู„ุฉ ูˆู„ุง ุดูุงุนุฉ ) hari itu tidak berguna lagi jual beli, tidak berguna  maksudnya tidak bisa lagi engkau menebus dirimu untuk selamat dari siksaan walaupun dirimu memiliki emas sepenuh bumi. Rupiah dan dollarmu saat itu sudah tidak ada harganya sama sekali. Nabi ๏ทบ bersabda:

ูŠُู‚َุงู„ُ ู„ِู„ْูƒَุงูِุฑِ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْู‚ِูŠَุงู…َุฉِ ุฃَุฑَุฃَูŠْุชَ ู„َูˆْ ูƒَุงู†َ ู„َูƒَ ู…ِู„ْุกُ ุงู„ْุฃَุฑْุถِ ุฐَู‡َุจًุง ุฃَูƒُู†ْุชَ ุชَูْุชَุฏِูŠ ุจِู‡ِ ูَูŠَู‚ُูˆู„ُ ู†َุนَู…ْ ูَูŠُู‚َุงู„ُ ู„َู‡ُ ู‚َุฏْ ุณُุฆِู„ْุชَ ุฃَูŠْุณَุฑَ ู…ِู†ْ ุฐَู„ِูƒَ

Artinya: *_“Pada hari kiamat orang kafir ditanya: 'Andai kau memiliki emas sepenuh bumi, apa akan kau jadikan penebus (dari azab Allah)? 'ia menjawab: 'Ya.' Dikatakan padanya: 'Kau dulu (di dunia) pernah diminta yang lebih ringan darinya' (iman dan amal Soleh).”_* [HR.Muslim].


๐ŸŽ™️Hari itu juga tidak berguna lagi pertemanan, persahabatan dan persaudaraan maksudnya mereka semua tidak akan mampu menyelamatkanmu dari azab Allah. Sebagaimana Allah ๏ทป berfirman:

ูَุฅِุฐَุง ู†ُูِุฎَ ูِูŠ ุงู„ุตُّูˆุฑِ ูَู„َุง ุฃَู†ْุณَุงุจَ ุจَูŠْู†َู‡ُู…ْ ูŠَูˆْู…َุฆِุฐٍ ูˆَู„َุง ูŠَุชَุณَุงุกَู„ُูˆู†َ

Artinya: *_“Apabila sangkakala ditiup maka tidaklah ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu, dan tidak ada pula mereka saling bertanya.”_* [QS.Al-Mukminun:101].


๐ŸŒน Saudaraku, bersemangat lah untuk mendermakan hartamu dijalan Allah, karena itulah sejatinya hartamu, jgn sampai hartamu jadi penyesalan kelak diakherat. Mudah mudahan Allah memberikan kita Taufik untuk mudah berinfaq dijalan Allah.


ูˆุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู†ุจูŠู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุนู„ู‰ ุงู„ู‡ ูˆุฃุตุญุงุจู‡ ูˆุณู„ู…...

*Ustad Nirmansyah*

ุญَูِุธَู‡ُ ุงู„ู„ู‡ُ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar