Rabu, 04 November 2020

BERBEKALLAH MENGHADAPI ALAM KUBUR

 ๐Ÿ“š๐ŸŽ™️Bismillah๐ŸŽ™️๐Ÿ“š

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhu.


ุงู„ุญู…ุฏู„ู„ู‡ ุฑุจ ุงู„ุนุงู„ู…ูŠู† ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ู‰ ู†ุจูŠู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุนู„ู‰ ุงู„ู‡ ูˆุฃุตุญุงุจู‡ ุฃุฌู…ุนูŠู†. ุฃู…ุง ุจุนุฏ...


Saudaraku, Seorang tabiin bernama Hani' maula Utsman bin affan pernah bercerita:


 ูƒุงู†َ ุนُุซู…ุงู†ُ ุจู†ُ ุนูَّุงู†َ ุฅุฐุง ูˆَู‚ูَ ุนู„ู‰ ู‚َุจุฑٍ ูŠุจูƒูŠ ุญุชَّู‰ ูŠุจَู„َّ ู„ุญูŠุชَู‡ُ ، ูู‚ูŠู„َ ู„َู‡ُ : ุชุฐูƒุฑُ ุงู„ุฌู†َّุฉَ ูˆุงู„ู†َّุงุฑَ ، ูˆู„ุง ุชุจูƒูŠ ، ูˆุชَุจูƒูŠ ู…ِู† ู‡ุฐุง ؟ ู‚ุงู„َ : ุฅู†َّ ุฑุณูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนู„َูŠู‡ِ ูˆุณู„َّู…َ ، ู‚ุงู„َ : ุฅู†َّ ุงู„ู‚ุจุฑَ ุฃูˆَّู„ُ ู…َู†ุงุฒู„ِ ุงู„ุขุฎุฑุฉِ ، ูุฅู† ู†ุฌุง ู…ู†ู‡ُ ، ูู…ุง ุจุนุฏَู‡ُ ุฃูŠุณุฑُ ู…ู†ู‡ُ ، ูˆุฅู† ู„ู… ูŠَู†ุฌُ ู…ู†ู‡ُ ، ูู…ุง ุจุนุฏَู‡ُ ุฃุดุฏُّ ู…ู†ู‡ُ..

Artinya: *_"dahulu Utsman bin Affan radiyallahu anhu jika berdiri di atas kuburan ia menangis hingga membasahi janggutnya. lalu ada yg bertanya kepadanya, kenapa engkau mengingat surga dan neraka tidak menangis, tetapi ketika mengingat alam kubur menangis? beliau menjawab, "sesungguhnya Rasulullah shalallahu `alaihi wasallam bersabda: "sungguh alam kubur adalah tempat pertama dari tempat-tempat menuju akherat, siapa yang selamat darinya maka setelah itu akan lebih mudah baginya, siapa yang tidak selamat darinya maka setelah itu lebih berat lagi baginya"._* [HR.Ibnu Majah hadits hasan]. 


๐ŸŽ™️Sodaraku, sesungguhnya alam kubur itu adalah gerbang pertama sebelum engkau menuju tempat-tempat yang berat diakherat. di dalamnya ada azab dan nikmat. 

lihatlah bagaimana Khalifah Utsman Radhiyallahu Anhu menangis hingga membasahi janggutnya, disebabkan imannya yg kuat terhadap fitnah kubur. Bagi yang selamat dari fitnah kubur, maka ini pertanda dia akan dimudahkan melewati ujian akherat ketika di padang masyhar, saat dihisab, saat di mizan (ditimbang amalan) dan saat ia melewati sirath. sebaliknya siapa yg tidak selamat dari fitnah kubur, maka siksaan akherat akan lebih berat lagi baginya. hadits ini juga menetapkan adanya nikmat kubur dan azab kubur. 


๐Ÿ”–saudaraku, tahukah engkau fitnah apa yang akan ditanyakan kepada mu di alam kubur nanti?


1️⃣engkau akan ditanya tentang imanmu kepada Allah, apakah engkau mengenalnya? dan ikhlas beribadah hanya untuk-Nya? 


2️⃣kemudian engkau akan ditanya tentang Rasulullah, apakah engkau mengikuti sunnahnya? 


3️⃣dan engkau akan ditanya tentang agama-Nya Islam, apakah engkau hidup dengan syariat-Nya?... 


๐Ÿ’maka siapkan semua bekal jawabanmu, dan tentu bekal itu adalah ilmu dan amal yang telah kau lakukan. jika itu cukup, mdh2an bisa menyelamatkanmu. jika tdk, maka bersiap-siaplah menghadapi siksaan berat dikemudiannya. 


๐ŸŒนMudah2an Allah memberikan kita "qaul tsabit" untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan alam kubur tersebut. sebagaimana janji-Nya, 


ูŠُุซَุจِّุชُ ุงู„ู„َّู‡ُ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ุจِุงู„ْู‚َูˆْู„ِ ุงู„ุซَّุงุจِุชِ ูِูŠ ุงู„ْุญَูŠَุงุฉِ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ูˆَูِูŠ ุงู„ْุขุฎِุฑَุฉِ ۖ ูˆَูŠُุถِู„ُّ ุงู„ู„َّู‡ُ ุงู„ุธَّุงู„ِู…ِูŠู†َ ۚ ูˆَูŠَูْุนَู„ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ู…َุง ูŠَุดَุงุกُ

artinya: *_"Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat (alam kubur); dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki."_* [QS.Ibrahim:27].


ูˆุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู†ุจูŠู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุนู„ู‰ ุงู„ู‡ ูˆุฃุตุญุงุจู‡ ูˆุณู„ู….


Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhu.


๐Ÿ“ Ustad Nirmansyah

ุญَูِุธَู‡ُ ุงู„ู„ู‡ُ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar