Senin, 02 November 2020

HARTA TERBAIK YANG HARUS DISIMPAN

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhu

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على نبينا محمد وعلى اله وصحبه أجمعين.. أما بعد


Saudaraku, dalam sebuah riwayat dari Sahabat Tsauban Radhiyallahu Anhu dia pernah bercerita:


لمَّا نزلت ((وَالَّذِينَ يَكْنِزُونَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُونَهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ)) [التوبة:٣٤]، 

قالَ: كنَّا معَ رسول اللَّه صلَّى اللَّهُ عليْهِ وسلَّمَ في بعضِ أسفارِهِ فقالَ بعضُ أصحابِهِ أنزلَ في الذَّهبِ والفضَّةِ لو علمنا أيُّ المالِ خيرٌ فنتَّخذَهُ, فقالَ: أفضلُهُ لسانٌ ذاكرٌ وقلبٌ شاكرٌ وزوجةٌ مؤمنةٌ تعينُهُ على إيمانِه. (رواه الترميذي) حديث صحيح.


Artinya: "ketika turun ayat;  *_'orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak di infaqkan fisabilillah maka berilah kabar kpd mereka berupa azab yang pedih'_* [QS.At-Taubah:34]. Tsauban berkata: *_ketika kami sedang bersafar bersama Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam, berkata sebagian sahabat (mengomentari ayat tentang menyimpan emas dan perak tsb): 'seandainya kami mengetahui harta terbaik (yg bisa kami simpan), tentulah kami akan mengambilnya (menjaganya).' Maka Nabi pun menjawab: 'harta terbaik itu adalah, lisan yg senantiasa berzikir, hati yg pandai bersyukur, dan istri beriman yg membantu iman suaminya."_* (HR. Tirmidzi).


Saudaraku, para sahabat sangat bersemangat bertanya kepada Nabi Shalallahu alaihi wasallam tentang *_"harta sebenarnya"_*, yaitu harta yg akan mereka jaga dan simpan yg bermanfaat, yang bisa mendapatkan pahala akherat, dan derajat yg tinggi disurga-Nya.


Maka Nabi Shalallahu alaihi wasallam mengajarkan dengan bijak bahwa harta yang berharga yg bisa bermanfaat untuk akherat adalah:


1. LISAN YANG SELALU BERDZIKIR._* Yaitu lisan yg banyak berzikir dan mengagungkan Allah Krn cinta sejati, tentunya mereka adalah manusia yg sangat mengenal Allah yg selalu mentadaburi Asmaulhusna dan sifat-sifatNya, mereka gemar berdo'a dan memuji muji Allah Subhanahu wa ta'ala.


2. HATI YANG PANDAI BERSYUKUR._* Yaitu bersyukur atas segala nikmat dan karunia Allah pada semua keadaanya.


3. ISTRI YG BERIMAN YANG MEMBANTU IMAN SUAMINYA._* Yaitu istri yg membantu suaminya dalam mentaati Allah dan melaksanakan agamanya. Istri yg mengingatkan tauhid, sholat, puasa, zakat sedekah, serta ibadah lainnya. Yg mencegah suaminya dari zina dan segala bentuk keharaman. 


Saudaraku, Nabi Shalallahu alaihi wasallam mengkhususkan tiga hal ini, karena memang itulah  *_"harta berharga"_* bagi seorang laki-laki yang harus ia jaga dan ia simpan, sampai kelak ia berjumpa dengan Rabb-Nya.


❗⚠️❗Adapun emas perak dan rupiah serta harta lainnya yg kau simpan dan kau jaga, malah akan menjadi musibah dan malapetaka bila engkau tidak menggunakannya untuk infaq fisabilillah.



Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhu.


Ustad Nirmansyah

حَفِظَهُ اللهُ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar